Tool untuk Mengelola Instagram Bisnis Online Anda

Gunakan 24 Tools ini untuk Menjalankan Bisnis dan Tetap Produktif Di manapun Anda Berada
Mei 5, 2014
Google UTM : Cara Menganalisis Traffic Postingan di Social Media
Mei 7, 2014

Tool untuk Mengelola Instagram Bisnis Online Anda

Apakah Instagram bagian dari strategi sosial media marketing Anda? Dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa tool untuk mengelola Instagram Anda.

Beberapa tool ini akan sangat membantu strategi sosial media marketing dan bisnis online Anda

Namun sebelumnya, kita simak terlebih dahulu alasan lainnya mengapa Anda perlu menggunakan tool untuk mengelola Instagram bisnis Anda.

Mengapa Menggunakan Tool untuk mengelola Instagram?

Instagram adalah aplikasi pada smartphone, jadi pada smartphone itulah di mana sebagian besar interaksi berlangsung. Instagram ingin pengguna untuk menangkap peristiwa yang terjadi.Sementara real-time posting adalah skenario kasus terbaik, itu tidak bekerja untuk semua orang setiap saat.

Jika Anda menggunakan Instagram pada desktop, Anda dapat melihat konten Instagram dan berinteraksi dengan orang yang Anda follow, tetapi Anda tidak dapat meng-upload sesuatu.

Sementara ada beberapa pilihan yang tersedia untuk  meng-upload foto dan video ke Instagram dari komputer, tidak satupun dari memungkinkan Anda menjadwalkan konten Anda.

Beberapa tool untuk mengelola Instagram ini juga bisa untuk menjadwalkan konten Anda. Tidak hanya dari smartphone tapi juga bisa dari komputer. Mari kita bahas beberapa tool tersebut.

Latergramme

Tool untuk Mengelola Instagram3

Anda dapat menggunakan Latergramme untuk menjadwalkan posting baik dari browser atau aplikasi di smartphone.

Tool ini mengirimkan pengingat (notification) pada smartphone Anda saat waktu yang telah dijadwalkan, yang dapat Anda buka dan kemudian posting melalui Instagram, jadi tidak bisa langsung dari tool tersebut untuk posting Instagram Anda.

Tool untuk Mengelola Instagram1

  • Upload konten dari Komputer Anda, iPhone, Tablet, atau Android
  • Mengelola beberapa account Instagram
  • Tambahkan Anggota Tim untuk berkolaborasi pada account Instagram
  • Cari & Repost konten dari web
  • Penjadwalan Upload Video & Foto

Dengan tool ini, Anda hanya dapat meng-upload gambar satu per satu tidak bisa secara massal.

Latergramme adalah jenis seperti kalender editorial dimuliakan untuk Instagram, karena Anda masih perlu memposting sendiri foto. Untuk tool ini Anda bisa menggunakannya gratis dengan beberepa keterbatasn seperti 2 account Instagram, 30 postingan dan hanya bisa posting foto aja. Untuk opsi berbayar ada beberapa pilihan berikut ini.

Tool untuk Mengelola Instagram

Hootsuite

logo-hootsuite

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Hootsuite adalah tool yang terintegrasi dengan banyak platform media sosial. Hootsuite juga terintegrasi dengan Instagram.

Hootsuite tidak akan posting langsung ke Instagram Anda, tetapi Anda dapat menjadwalkan posting tersebut. Hootsuite mempunyai pendekatan yang sama seperti Latergramme, yang pada dasarnya berfungsi sebagai pengingat untuk mengirim konten Anda pada waktu yang telah ditetapkan.

Menurut Hootsuite “Pengguna akan menerima pemberitahuan (push notification) dari Hootsuite pada saat mereka menjadwalkan konten image dan kemudian dari pemberitahuan Hootsuite mereka diarahkan ke aplikasi Instagram (gambar akan terbawa juga) kemudian mereka dapat mempublikasikan posting pada aplikasi Instagram. ”

Jika Anda ingin mulai menggunakan Hootsuite, Anda bisa mempelajari cara penjadwalan konten Instagram Anda pada panduan yang dibuat oleh Hootsuite berikut ini >>> How to Schedule and Publish Posts to Instagram via Hootsuite

Anda bisa menggunakan Hootsuite ini  Gratis dengan keterbatasan fitur 3 account yang terintegrasi. Anda juga bisa menggunakan plan Pro, dengan 30 hari free trial dan beberapa fitur seperti di bawah ini.

Tool untuk Mengelola Media Sosial4

Onlypult

Tool untuk Mengelola Instagram11

Penjadwalan konten Instagram tidak mudah karena API (Application Program Interface).

Dengan Onlypult Anda dapat membuat foto (filter dan kata-kata), jadwal dan mengelola konten Instagram pada beberapa account. Anda dapat menambahkan anggota tim dan mengelola hingga 40 account Instagram.

Tool untuk Mengelola Instagram141

Dan Anda bisa melakukan semua itu  menggunakan platform web Onlypult dengan navigasi dashboard yang mudah. Tool yang berbasis web ini, membantu pembuatan konten lebih mudah. Anda bisa upload gambar Anda dengan mudah.

Onlypult memudahkan Anda dengan 4 langkah seperti pada gambar di bawah ini:

Tool untuk Mengelola Instagram16

Onlypult juga memberikan Anda kemampuan untuk meng-edit gambar Anda dan mengaplikasikan filter. Sebelumnya, Onlypult tidak bisa menjadwal postingan video, tapi mereka sudah mengembangkan platform tersebut sehingga sekarang bisa menjadwal postingan video. Format video yang dapat diupload adalah mp4 avi, wmv, dan mov dengan ukuran maksimal file 20 mb.

Selain itu Onlypult juga menyediakan statistic dari postingan yang Anda posting dari tool ini.

Tool untuk Mengelola Instagram12

Apa saja keterbatasan Onlypult ini?

  • Tidak menawarkan fitur postingan massal
  • Tidak dapat berinteraksi dengan follower melalui tool ini

Tool ini sangat mudah untuk digunakan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan tool ini, Onlypult menawarkan beberapa paket seperti di bawah ini.

Tool untuk Mengelola Instagram13

ScheduGram

Tool untuk Mengelola Instagram9

ScheduGram adalah tool untuk mengelola Instagram yang cukup bagus. Tool ini  memungkinkan Anda menjadwalkan setiap konten baik image atau video yang akan diposting pada tanggal dan waktu yang Anda Inginkan.

Anda juga dapat posting image untuk account yang berbeda sehingga tidak memakan waktu. Anda dapat mengatur itu semua melalui ScheduGram.

Selain itu, Anda juga dapat berbagi account Instagram Anda dengan pengguna lain, sehingga Anda dapat mengundang anggota tim lain untuk juga menjadwalkan posting, atau meng-upload draft bagi Anda dan penjadwalan konten Instagram.

Image editor yang mudah digunakan memungkinkan Anda mengedit gambar sebelum Anda upload. Anda dapat memotong, menambahkan filter, teks atau gambar, memutar, memperbaiki warna dan yang lainnya.

Tool untuk Mengelola Instagram8

ScheduGram juga menyediakan integrasi langsung dengan Canva, sehingga Anda dapat merancang panik gambar yang mengagumkan yang akan diposting.

Anda mungkin tidak perlu meng-edit image yang akan Anda posting sebelum penjadwalan. ScheduGram menyediakan tool upload massal, sehingga Anda dapat meng-upload gambar dalam jumlah banyak dan penjadwalan postingan tersebut dengan lebih cepat. Atau, Anda juga dapat menyimpan gambar sebagai draft, dan kemudian menjadwal postingan tersebut lain kali.

Tool untuk Mengelola Instagram5

Anda bisa free trial tool ini selama 7 hari. Harga paket tool ini sesuai dengan jumlah account yang Anda ingin kelola di ScheduGram dan juga berdasarkan jumlah follower account Instagram Anda. Untuk 0 -10.000 follower, seharga $10 per bulan.

Tool untuk Mengelola Instagram10

Kesimpulan

Itulah beberapa tool untuk mengelola Instagram bisnis online Anda. Ingat penggunaan tool ini tergantung keperluan campaign media sosial, tujuan atau goal, dan budget yang ingin Anda alokasikan. Sehingga, penggunaan tool ini dapat berjalan efektif, tidak membuang-buang waktu dan biaya.

[cour]

//]]>