eFishery : Teknologi Cerdas Pemberi Makan Ikan Secara Otomatis

reinvent yourself
Desember 22, 2017
Bagaimana IoT Membantu Transformasi Digital pada Rantai Suplai Perusahaan ?
Januari 11, 2018

eFishery : Teknologi Cerdas Pemberi Makan Ikan Secara Otomatis

Bisnis di bidang perikanan memang sangat menjanjikan. Entah itu dalam skala kolam rumahan atau skala tambak yang mempunyai luas ber hektar-hektar. Keluhan yang sering terjadi bagi pemilik tambak adalah air yang tidak sehat untuk pertumbuhan ikan, tingkat pertumbuhan bibit ikan yang tidak serempak dan perawatan yang tergolong sulit.

Jika diurai lebih detail lagi permasalahan itu akan mengerucut pada pakan ikan. Bingung? Penjelasannya begini, pemberian pakan ikan yang tidak habis dimakan ikan akan menjadi residu didalam air. Residu ini akan menimbulkan gas nitrat dan membuat media yang bagus untuk pertumbuhan jamur.

Residu yang setiap hari menimpuk akan membuat air menjadi tidak sehat untuk pertumbuhan. Disisi lain ternyata setiap harinya kita tidak tahu seberapa takaran yang pas untuk kebutuhan makan ikan-ikan kita. Problem pun bertambah, untuk menjadikan ikan sehat dan tumbuh pesat pemberian makan ikan harus terpola.

Permasalahan ini semakin rumit saja, bagaikan benang kusus!! Masyarakat butuh solusi yang tepat guna!

Efishery, Teknologi Cerdas Pemberi Makan Ikan yang Terukur dan terprogram

Gibran Chuzaefah Amsi El Farizyini yang menyukai bidang aquaculture dan perikanan menggagas ide manarik seputar teknologi pakan ikan. Pria asal Bandung ini mempunyai ide sebuah alat pemberi pakan ikan terprogram yang bisa dikontrol dengan media gadget. Tidak lupa juga semua termonitoring secara real time.

2015_Mar_e_Fishery2

Ide gibran ini dia beri nama eFishery. Dilansir dari eFishery.com, eFishery adalah alat pemberi pakan ikan otomatis untuk segala jenis ikan dan udang. Alat ini tidak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, tetapi juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time.

“eFishery juga mendeteksi nafsu makan ikan, serta mencatat dan melaporkan performa pemberian pakannya melalui internet. Anda dapat mengakses data pemberian pakan kapanpun dan dimanapun Anda berada secara lengkap. Tidak ada lagi masalah over-feeding, pemberian pakan ikan yang tidak teratur atau pakan yang diselewengkan.” Ujar Gibran dilansir dari ciputraentrepreneurship.com

“eFishery memberikan solusi yang terbaik, terpercaya, dan terjangkau bagi Anda.” jelas Gibran. Ia menciptakan eFishery berdasarkan pengalamannya yang pernah menjalani bisnis sebagai peternak ikan lele. Menurutnya eFishery akan meminimalisir kerugian petani ikan akibat pakan dan biaya perawatan.

Fitur-fitur yang Terdapat di eFishery

1. Smarth Feeder: Memberikan pakan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan ikan, dengan penjadwalan yang mudah dan teratur

2. Real Time Monitoring: Memberikan laporan pemberian pakan secara langsung yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui perangkat Anda

3. Easy to Use: Pengaturan sangat mudah, bisa digunakan oleh siapapun. Menjadi sahabat terbaik untuk bisnis perikanan Anda

Cara kerja eFishery

eFishery dilengkap sensor pendeteksi nafsu makan pada ikan. Hal ini memungkinkan kita melakukan monitoring dan menentukan kapan waktu waktu yang tepat dalam memberi makan. eFishery telah dilengkapi teknologi mobile device dimana alat ini dapat dikontrol menggunakan gadget.

Bayangkan jika Anda memiliki banyak kolam dan jaraknya berjauhan? Sangat membutuhkan banyak waktu bukan untuk hanya sekedar memberi makan ikan? eFishery dapat melakukannya hanya dengan bantuan gadget Anda. Sekarang Anda tinggal pilih jenis ikan, jumlahnya berapa, berapa kali memberi makan, semua tinggal pencet. Mudah bukan?

eFishery didesain sesuai kebutuhan sang pemilik tambak ikan. Apakah dia ingin eFishery dengan kapasitas pakan yang besar atau yang kecil. Harga eFishery dibandrol 7-9 juta rupiah. Angka yang relatif murah untuk investasi teknologi sekeren ini.

Penghargaan yang Pernah di Sabet eFishery

Berawal dari ide yang diremehkan banyak orang, ternyata eFishery menjadi sebuah kisah sukses yang membanggakan. Gibran dan tim eFishery, dalam mengembangkan alatnya ternyata pernah memenangkan berbagai penghargaan di kancah nasional dan dunia, seperti pengusaha muda mandiri dan Get In The Ring Global (Belanda)

Sekarang ini eFishery menjadi startup yang sangat potensial didalam maupun luar negeri. Mari kita belajar dari perjuangan eFishery agar dapat berinovasi membangun negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan memacu kita untuk terus berinovasi

//]]>