reinvent yourself

Sukses membangun portal hijab online
Desember 19, 2017
eFishery : Teknologi Cerdas Pemberi Makan Ikan Secara Otomatis
Januari 10, 2018

reinvent yourself

apa itu re-invent ?, kenapa harus reinvent ?. Re-invent jika diterjemahkan secara bebas kedalam bahasa Indonesia adalah menemukan kembali, artinya kita dituntut untuk bisa menemukan kembali siapa diri kita, mau kemana kita, apa kelebihan kita, jika sudah menemukan itu semua, mau apa kita dengan potensi tersebut.

Kenapa harus Re-invent Yourself ? karena bisnis, pekerjaan bisa hilang akibat perubahan zaman. Tetapi anda tidak!. Masih bingung ?. ini deh contohnya.

– HP Nokia memang hilang di pasaran. Tapi company Nokia tidak hilang. Sekarang Nokia fokus di bisnis infrastruktur komunikasi. Marketnya saja beda, dari end-user (bisnis HP jaman dulu) ke market corporate (bisnis infrastruktur komunikasi).

– Di area sekitar Gubeng dulu ada Haryono Travel. Karena bisnis tour & travel di era digital banyak persaingan, maka Haryono melakukan Re-Invent menjadi Haryono Kitchen.

– Fuji di bisnis roll film era cuci cetak konvensional memang hancur akibat trend foto digital. Tapi apakah Fuji ikut hancur? Tidak. Karena Fuji melakukan Re-Invent di bisnis kosmetik saat ini.

“Bisnis boleh hilang, pekerjaan boleh hilang tetapi diri Anda gak boleh hilang”

Dari 3 contoh di atas bisa diambil kesimpulan bahwa: perubahan zaman tidak bisa dibendung. Respon anda terhadap perubahan zaman yg menentukan anda di masa depan. dan aturan baru yang berlaku saat ini adalah

#1. Zaman now, apapun bisa jadi duit.
#2. Yang kreatif, yang mengikuti zaman now akan sukses. Yang stay & left-behind akan tergilas zaman.

Contoh:
Zaman now banyak profesi2 aneh muncul yg bisa hasilin duit padahal jaman dulu gak ada: misalnya jadi youtuber, selebgram, game tester (kerjaannya test game2 doank tapi dibayar US dollar per jam) dan profesi2 lain yg gak kepikir sebelumnya.

Lalu bagaimana caranya melakukan Re-Invent Yourself? Ya anda butuh tekad yang kuat untuk melakukannya, untuk membantunya, anda bisa cari partner yang selalu mengingatkan terus menerus akan komitmen anda, atau lebih bagusnya lagi masuk kedalam komunitas yang mengarahkan akan reinvent ini, karena tantangan terbesar dalam transformasi ‘menemukan kembali diri anda’ ini adalah satu, yaitu Konsistensi!. jika ada seseorang atau beberapa orang yang mengingatkan, maka peluang terjadinya transformasi dalam diri anda akan besar.

“Ada gak yang mau merubah hidup? melakukan Re-Invent Yourself?” Semua biasanya jawab semangat: Maaauuuuuu!!!

Tapi begitu pertanyaan berikutnya:

“Ada gak yang tahan saat menjalani perubahan saat melakukan Re-Invent Yourself”

Ternyata lebih banyak yg jawab: “kalo gampang saya mau deh TAPI kalo prosesnya ternyata susah, menyakitkan dan berat saya gak mau ah, mending hidup gini2 aja udah puas” hahahaha…

 

Sebagai akhir dari coretan ini, saya akan sharing beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan bahan perenungan di akhir tahun 2017 ini. Berikut adalah pertanyaan yg perlu digali, butuh waktu dan fokus memang, tapi itu worth it untuk dilakukan.

#7 CARA MENGUNGKAP POTENSI DALAM DIRI ANDA:

#1. Apa 3 kekuatan/keunggulan anda?
#2. Apa yg anda nikmati saat mengerjakannya?
#3. Apa pencapaian pertama anda?
#4. Apa yg paling anda banggakan dalam hidup ini?
#5. Apakah ketrampilan/kemampuan unik yang anda miliki dan tidak dimiliki orang lain?
#6. Untuk apakah anda biasanya dihormati atau diberikan perlakuan khusus?
#7. Apakah yg bisa membuat anda begitu antusias?

 

NEXT STEP:

#1. Duduk dan dengarkan kata hati anda.
#2. Buat strategi dan rencana.
#3. Jalankan rencana tsb dan evaluasi secara berkala.
#4. Hanya ada 2 kemungkinan: Sukses atau Lebih Sukses. Jangan beri ruang kegagalan dlm hidup anda. Gagal hanyalah konsep/pola pikir saja dan itu bisa diganti dengan konsep baru: Sukses atau Lebih Sukses.

 

TIPS:

#1. Demi kebaikan anda sendiriĀ , jangan dengarkan omongan negatif orang lain krn mereka gak tau apa kata hati anda.

#2. Lakukan –> evaluasi –> sampai terwujud.

#3. Dalam menjalani proses perubahan ini, anda tak akan pernah tau berapa lama waktunya: apa butuh waktu 1 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dll krn setiap orang berbeda2 waktunya. Karena Tuhan pun juga punya waktu sendiri. GPT (God’s Perfect Timing). Lakukan saja. Nikmati proses perubahan ini sampai anda terlahir kembali menjadi individu baru yg lebih berdaya: Re-Invent You process has done! This is your new beginning.

#4. Jika dalam proses ada hal2 yg membuat anda down, kembali lagi ke 7 pertanyaan cara mengungkap potensi anda. Pikirkan lagi: mengapa anda unik, mengapa anda begitu antusias, ingat lagi pencapaian pertama anda dll sehingga ini bisa menjadi mood-booster tatkala anda lagi down.

 

jika tahapan yang dibahas tadi ternyata masih ada yang kurang, dan pasti ada yang kurang, maka hal tersebut adalah pola pikir. ya. PIKIRAN kita bisa menghambat kita untuk lebih sukses. untuk bahasan ini akan kita kupas di artikel selanjutnya. so stay tuned ya

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih buat teman2 yg mau membaca

Salam Hebat Untuk Anda,

 

–Nariswan Tedi-

dikutip dari ulasan bpk Nariswan tedi

//]]>